Alat Penguji dan Tafsir

Sabtu, 17 November 2012

Alat Ukur Kadar Air MD-914





Pengukur Kadar Air MD-914Kadar Air
Kayu merupakan hasil komoditas alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Nilai ekonomi kayu tergantung pada jenis dan mutu kayu. Dalam pemanfaatannya, kayu banyak digunakan baik dalam bentuk produk jadi, setengah jadi, ataupun bentuk mentah. Mutu produk akhir kayu sangat ditentukan oleh kondisi kayu sebelum dan selama pengolahan.

Kadar Air
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan mutu kayu adalah nilai kadar air dalam kayu tersebut. Untuk perdagangan kayu, komponen kadar air menjadi persyaratan utama dan sebagai bahan pertimbangan di dalam penentuan tingkat harga. Kayu-kayu yang memiliki kadar air tinggi cenderung memiliki harga yang lebih rendah bila dibandingkan dengan kayu-kayu yang memiliki kadar air rendah.

Salah satu alat ukur yang digunakan dalam penentuan tingkat mutu kayu adalah alat ukur untuk menentukan tingkat kadar air kayu (moisture meter). Alat ukur yang digunakan dalam penentuan kadar air kayu umumnya menggunakan metode listrik yaitu menggunakan prinsip pengukuran resistan dan kapasitan. Prinsip kerja alat ukur dengan metoda resistan adalah kadar air yang terukur berbanding terbalik dengan nilai resistan yang diukur, sedangkan alat ukur dengan metoda kapasitan, kadar air yang terukur sebanding dengan nilai kapasitan pada kayu tersebut.

Pengukur kadar Air Kayu


Pengukuran kadar air pada kayu sangat spesifik untuk masing-masing jenis kayu. Untuk mengukur kadar air kayu dengan metoda listrik, kita harus jeli untuk mengetahui jenis kayu yang akan diukur.

Walaupun pengukuran menggunakan metoda listrik tersebut memiliki keunggulan dari sisi kepraktisan, dimensi bahan yang diukur relatif kecil. Pada umumnya hasil pengukuran kadar air dengan metoda listrik masih menyisakan sejumlah air yang tidak terukur antara penampang melintang kayu dan permukaannya. Jumlah kadar air kayu yang terlalu besar dapat mengakibatkan kerusakan kayu khususnya pada proses pengolahan akhir kayu (pengeringan, pengawetan, pemolisan, pembentukan), sehingga mutu produk kayu tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Di Indonesia, untuk proses transaksi, persyaratan teknis alat ukur untuk menentukan kadar air di dalam kayu telah diatur oleh Departemen Perdagangan melalui Surat Keputusan Direktur Metrologi yaitu Syarat-syarat Teknis Kemetrologian tentang Meter Kadar Air. Di dalam SK Direktur tersebut memuat klasifikasi alat ukur dan batasan-batasan yang harus dipenuhi oleh alat ukur.

Dalam implementasinya, di Indonesia penggunaan alat ukur untuk menentukan kadar air kayu yang digunakan dalam proses transaksi sulit memenuhi persyaratan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor di antaranya produsen alat ukur dalam merancang memperuntukkan alat tersebut hanya sebatas untuk mengontrol proses produksi di industri pengolahan kayu, sedangkan alat ukur yang digunakan untuk transaksi harus memenuhi persyaratan tertentu seperti sifat metrologi (kebenaran, ketidaktetapan, dan kepekaan) dan persyaratan lain yang memenuhi aspek legal alat ukur.
Alat Kandungan Air Pada Kayu

Selain itu, secara teknis, alat ukur untuk menentukan kadar air sangat tergantung kepada jenis kayu yang akan ditentukan kadar airnya. Umumnya produsen alat ukur akan melampirkan jenis kayu yang direkomendasikan terbatas dalam variasi jenis kayu karena minimnya jenis kayu yang ada di negara pembuat alat ukur. Tentunya hal ini akan menyulitkan konsumen di negara lain seperti Indonesia yang memiliki jenis kayu dengan jumlah ribuan dan memiliki keunikan yang sulit disamakan satu jenis kayu dengan jenis kayu lainnya.

MD-914 adalah sebuah alat ukur ( moisture meter) yang digunakan untuk mengukur kondisi kadar air ( kadar air) dalam bangunan.

Alat pengukur kadar air kayu tipe MD-914 ini dapat digunakan untuk mengukur secara cepat kadar air dalam berbagai bahan bangunan termasuk kayu, batu, plesteran tembok dan beton. Alat ukur kadar air ini mempunyai pin yang kecil dan tajam sehingga dapat melakukan pengukuran di permukaan sampel dengan hampir tidak meninggalkan bekas.

Angka numerik alat menunjukan prosentasi kadar air sebenarnya dari kayu ( % MC) dan kadar air setara kayu ( wood moisture equivalent ( WME) dari bahan lain. Wood Moisture Meter MD-914 dapat digunakan untuk menentukan apakah kain sebuah bangunan dalam keadaan kering, peralihan atau lembab.

Spesifikasi Alat Pengukur Kadar Air Kayu MD-914

  • Double color pocket size meter,autocorrect environmental temperature, and could select 4 species of the wood test.

  • Measuring Range: 2%~60%

  • Resolution: 0.5%

  • Date hold and can hold value.

  • Low power indicating and can select in 2pins sensor or 4pins sensor

  • Can change the testing sensor pins conveniently dispense with the plastic.

  • Battery: one 9V battery

  • Dimension: 130Lx64Wx32H(mm)


Hubungi Sales Representative kami segera di :
Phone : 0281-7633299
SMS: 0852 6184 9000
PIN BB: 27A28236
Herwinda Jaya S

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar